4des2010

Pada hakikatnya, mengakhiri berarti memulai. Dan memulai, artinya mengakhiri, meninggalkan, menanggalkan, dan berlalu tanpanya. Keduanya, bagi saya, sama saja. Sama-sama susah.

Memulai sebuah thesis berarti meninggalkan kemalasan saya, sekaligus mengakhirinya. Mengakhiri sebuah cinta berarti menanggalkan atribut, simbol, atau apapun yang merepresentasikan cinta itu, jauh-jauh. Memulai rumah tangga artinya mengakhiri masa kesendirian dan egoisme. Mengakhiri hidup, berarti memulai kehidupan baru di alam lain, meletakkan dunia di atas tanah merah dan berlalu dengan amal ibadah.

 

Ketika sesuatu dimulai, sesuatu pun diakhiri. Vice versa.

 

Abstrak ya? Haha. Saya pun bingung dibuatnya. Sama bingungnya dengan ketika saya berpikir bahwa mengatakan sesuatu kadang sama susahnya dengan tidak mengatakan sesuatu. Pernahkah anda dalam kondisi demikian?

Ketika ingin sekali mengatakan sesuatu sampai ingin menangis rasanya, tapi tahu bahwa itu tidak akan menambah faedah apa-apa; malah mungkin mendatangkan keburukan bagi orang lain…..

Bahkan mungkin lebih susah daripada memulai pembicaraan…

Ah… Mengapa hidup saya abstrak sekali akhir-akhir ini? u_u