Karena Aku Adalah Muslim


Kali ini, aku ingin mengatakannya dengan jujur. Karena saat aku menyembunyikannya, sama-sama lelahnya.

Bagiku, ada bagian kehidupanku yang aku tidak ingin diketahui orang banyak. Bagian kehidupan yang ingin kusimpan rapat-rapat, bahkan kalau bisa ditiadakan dari semesta raya. Kunamakan ia rasa.

Ya, ada perasaan-perasaan hatiku yang kubiarkan mengapung, terombang-ambing, timbul tenggelam dalam samudra hati. Aku tahu ia ada di sana. Sedang kesulitan mencari labuhannya, tapi aku tidak berminat menariknya ke dermaga.

Intinya, aku tidak ingin mengakui apa yang kurasa. Tidak ingin merasakan rasa. Ingin lupa. Ingin rasa itu mati saja hilang bersama waktu.

Tapi, sungguh, hatiku sudah lelah berontak terhadap rasa. Kini aku akan membiarkannya. Mengakuinya. Berteriak lantang, membusung dada dan mengacung tangan. Inilah aku dan rasaku.

Rasa malu menghadapi kegagalan terbesar dalam hidupku, rasa takut melangkah maju, rasa hina karena dosa, dan segudang rasa yang kupunya yang selama ini kuenyahkan paksa.

Mengenyahkannya adalah pekerjaan sia-sia. Karena ia akan selalu ada. Jadi, aku memilih mengakuinya, kemudian menghadapinya. Menyelesaikan rasa demi rasa dan meletakkannya pada tempat yang semestinya.

Hasilnya, kurasa beban hidupku berkurang separuh dari biasanya. Aku tidak lagi takut dengan hari esok. Aku belajar memaafkan. Belajar menerima bahwa dalam kehidupan beberapa hal tidak terjadi sesuai permintaanku. Belajar meyakini lebih dari biasanya bahwa alam semesta sudah ada Yang Mengaturnya, dan Dia tidak akan pernah lalai menjaganya.

Dan masalah-masalahku? Tuhanku, lebih dari cukup untuk bisa melipur lara dan menghujaniku dengan cinta… Karena-Nya, aku tidak takut dengan kecewa, tidak takut dengan cemooh mereka, tidak takut lara… Karena-Nya aku akan menjalani hidupku yang tidak selamanya dengan penuh penghambaan, penyerahan, kepasrahan…

Karena aku adalah Muslim… Orang yang menyerahkan diri…

 

 

 

Leave a Reply

