Journal of The Honeymooners: Prelude


Journal of The Honeymooners: Prelude

Banyak pasangan berpikir “Bali” saat merencanakan bulan madu. Saya tidak pernah ingin bulan madu ke sana, kecuali mungkin ke Lovina, melihat Lumba-lumba. Rasanya terlalu ramai dengan manusia. Jadi saat menikah lima tahun yang lalu, saya memilih Garut. Tidak berapa jauh dari Jakarta, pemandangannya luar biasa indah, dan yang pasti saya bisa mendengar azan lima kali sehari di sana.

Kali ini adalah destinasi pilihan suami, Bromo, Malang dan Batu. Dan setelahnya saya semakin penasaran, dan semakin yakin, terlalu banyak tempat-tempat indah di Indonesia selain Bali yang bisa dieksplorasi😉 (Dan konon kabarnya, Lumba-lumba juga ada di Pulau Sempu, Malang Selatan…. Ah….)

Dibandingkan dengan “bulan madu” kami yang lain, Bandung, Puncak, Cirebon, Jogja, Umrah; bulan madu kali ini terbilang paling melelahkan. Dan walaupun tidak bisa mengalahkan bahagianya saat Umrah, tapi kelelahan ini terbayar sangat manis.

Perasaan saat mengalahkan diri sendiri dan terus mengatakan “saya bisa” saat menapaki jalanan mendaki yang membuat dada saya sesak mendadak, lalu mendapatkan pemandangan nan istimewa itu tidak bernilai. Sungguh tidak bernilai.

Dan di atas segalanya, perjalanan ini adalah sebuah catatan untuk diri saya sendiri… Di atas Bromo saya melihat jalanan, pedesaan, manusia, kehidupan, peradaban… Berjalan begitu indahnya bersama alam semesta. Alam semesta yang sudah diciptakan-Nya untuk memenuhi kebutuhan peradaban. Adakah campur tangan saya di dalamnya? Tidak….

Tanah yang saya pijak, savannah indah yang rumputnya begitu wangi tertiup angin, gunung-gunung yang berdiri kokoh, sembulan Mahameru yang tampak di kejauhan, milik siapa ini semua?

Lillahi maa fissamawati wa maa fil ardh…

Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang bumi…

9 thoughts on “Journal of The Honeymooners: Prelude

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s