Untuk Derai Air Mata, Keluh Kesah, dan Ucap Sesal


Hidup saya bulan-bulan belakangan ini seperti mahasiswa yang punya masalah penelitian, sangat PD dengan segudang konsep dan teori yang tampaknya keren dan diyakininya bisa menjelaskan masalah penelitian tersebut, lengkap dengan kutipan dari berbagai referensi, terus mendadak ujian skripsi; padahal nggak pernah bimbingan.

Dan akhirnya saya tahu perasaan si mahasiswa itu. Yang pernah presentasi penelitiannya dalam sebuah sidang skripsi dengan saya sebagai penguji. Saya ingat bertanya dalam hati, kira-kira mahasiswa ini kepikiran nggak ya, kalau semalam sebenarnya skripsinya sudah habis saya corat-coret dan saya tidak yakin dia akan lulus?

Beruntung, mahasiswa itu cukup cerdas dan gentle untuk mengakui bahwa skripsinya memang sebenarnya belum sempurna dan belum selesai, dan dengan lapang dada bersedia mengulang. Dengan topik baru, dan pembimbing baru. Hasilnya, alhamdulillah, sekarang dia sudah lulus.

Memperbaiki itu lebih sulit, lebih sakit (ehm) daripada mati-matian berusaha keras di depan. Kalau kata dokter, mencegah lebih baik (sekaligus lebih murah) daripada mengobati.

Tapi setiap kita pasti pernah berbuat salah. Dan selalu ada bagian dari hidup kita yang ingin kita hapus. Bukan begitu? Maka, siapa kita, siapa saya, untuk menyempitkan ruang hati?

Dan mengulang, sebenarnya adalah sebuah keberuntungan bagi mereka yang mendapatkannya. Artinya ada satu kesempatan lagi, untuk menjadikan paripurna. Sehingga apapun yang kita ulang dapat kita jalani, tanpa penyesalan.

Sayangnya, waktu tidak dapat diulang. Tidak pula dapat ditahan, apalagi dipaksa mundur ke belakang.

Maka saya ingin belajar dari derai air mata, keluh kesah, dan ucap sesal. Bahwa saya, tidak bisa mengambil peran-Nya dalam menjalani kehidupan. Dan bahwa saya sejatinya teramat lemah, bodoh, bingung dan limbung…

 

 

 

Leave a Reply

