That Social Experiment


Well, well,

I watched toooo many social on youtube experiments today. Mostly on Islam and Muslims.

Ada yang bikin saya ketawa, karena si aktornya ditonjok sampai berdarah. Tau sih harusnya saya nggak ketawa, tapi lucu karena tau2 ditonjok. Dan akhirnya, saya berakhir di sini dengan perasaan campur aduk.

Emangnya, harus banget ya bikin social experiment kayak gitu?

Oia, buat para pembaca (kayak banyak aja yang baca) yang belum tau, social experiment itu semacam percobaan terkait isu2 sosial (ini definisi kamus Shinta Galuh Tryssa, 2016). Kebetulan yang saya tonton ini isunya tentang stereotyping alias stereotipe terhadap Muslim di negara2 barat.

Mungkin ya, mungkin ini guna menjawab Islamophobia yang meningkat di negara2 barat sana (macam di Indonesia nggak ada). Atau mungkin juga sengaja dibuat untuk raising awareness tentang Islam dan melawan stereotipe yang mendasarinya.

I was wondering, kalau dilakukan di Indonesia dengan objek warga minoritas, bagaimanakah hasilnya?

Atau jangan-jangan hasil yang menarik akan ditemukan kalau social experiment dilakukan dengan objek yang sama dengan video2 yang saya tonton sama rabun: fully dressed Muslim. Since, well, seorang teman yang berpakaian “Muslim” didiskriminasi. Yep, anda-anda tidak salah baca, temen saya didiskriminasi di kampung sendiri yang azan masih berkumandang 5 kali sehari.

Kita, secara alami, memang tidak bisa menghindari stereotipe. Tapi kita bisa memilih untuk tidak mendiskriminasi orang lain.

Wajib bagi seorang Muslim untuk memperlakulan orang lain dengan baik. Bahkan walaupun orang tersebut memperlakukan kita dengan sebaliknya (yang mana saya masih jauh panggang dari ayam dengan hal tersebut *lalu kemudian laper).

Tapi dalam masalah memaknai Tuhan, it’s very clear dalam Islam: “bagimu agamamu dan bagiku agamaku”. Sudah.

Leave a Reply

