Mari Berterimakasih

Bismillah. 

Saya mulai terinspirasi, meski belum secara penuh dan konsisten melakukannya, untuk membuat “Gratitude Notes” saat saya berhadapan dengan situasi yang negatif, serta aktivitas yang membuat dijemput Uber, dan nyender di jendela mobil Uber memandang motor salip menyalip sebagai my favorite me time. *kesian amat gue yak* 

Inspirasi utama datang dari kajian Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Adi Hidayat dan Ustadz Nouman Ali Khan. Selain mereka bertiga, saya juga banyak sekali terinspirasi dari Marie Kondo, dan the minimalists. *insyaAllah suatu saat akan saya ulas* 

Saya juga sampai di usia (God, im ONLY 31) dimana “drama” yang terjadi di lingkungan saya, sangat…melelahkan. Saya (akhirnya) sadar bahwa tiada guna terlibat dalam drama hanya karena ego saya semata. 

Tapi, jujur, situasi tersebut menghabiskan energi saya. Saya lelah. Saya seakan tersedot dalam pusaran energi negatif *eaaaa. 

Alasannya sih satu, saya tau banget: I’m a people pleaser! Memang mencari ridho manusia itu nggak akan mendatangkan apa2 selain kesia2an. *tsah… *tp bener lho

Maka, saya mulai mencari cara supaya hidup saya bersih dari gangguan, supaya saya tenang, jiwa raga, lahir batin. I need to keep myself sane, bukan? Salah satunya adalah dengan membuat daftar rasa syukur.

Meski saya nggak selalu melalukannya, tapi menuliskan daftar rasa syukur adalah cara mudah dan murah untuk menjadi bahagia. Ternyata konflik internal dan eksternal yang saya hadapi, hanya perlu sudut pandang berbeda. Sudut pandang yang penuh rasa syukur. Selain itu, ketika kita mulai menuliskannya dengan jujur, sedikit2 setiap hari, kita akan menemukan bahwa nikmat Allah itu… countless ❤.

It’s absolutely true that perception changes everything.

Maka benarlah Allah ketika berfirman di surah Ar-Ra’du ayat 11 *cmiiw*, bahwa Allah tidak akan mengubah suatu kaum, sebelum kaum tersebut mengubah diri mereka sendiri. Mengubah persepsi, menurut saya yang masih belajar ini, adalah bagian dari mengubah diri kita sendiri. 

Bahkan, saya kok meyakini bahwa banyak bersyukur adalah salah satu solusi jitu menghadapi permasalahan hidup.

Bukankah jika kita bersyukur, pasti Allah akan tambahkan nikmat-Nya. 

Jadi, sudah bersyukur hari ini? 

#odop #onedayonepost #bloggermuslimahindonesia

#

