Inspirasi Muslimah

Topik tentang Islam dan perempuan rasanya tidak pernah tidak menarik perhatian saya. Saya tidak tahu dengan agama lain, dan tidak ingin pula membandingkan dan membahasnya karena bukan kapasitas saya; tapi saya, sebagai perempuan Muslim, merasa ajaran Islam sudah lebih dari cukup mengakomodir, melindungi sekaligus memotivasi perempuan. Sayangnya, sejumlah pihak dengan sengaja atau bahkan tanpa pengetahuan memutarbalikkan kenyataan di atas.

Kenyataan yang saya lihat dengan mata saya, saya pahami dengan logika, saya sadari dan saya jalani.

“Mereka” mengatakan bahwa Islam mengekang perempuan. Perempuan tak ubahnya burung dalam sangkar yang memiliki ketimpangan hak dengan para lelaki, sehingga perlu “disetarakan” hak-haknya. Perempuan juga seakan-akan dipandang “lemah” sehingga perlu selalu dibela dan diperjuangkan.

Apabila seorang perempuan, yang kebetulan Muslim, menerima perlakuan buruk dari suaminya seperti dipukul, dihina, tidak diperbolehkan keluar rumah, apakah lantas membuat Islam menjadi kambing hitam?

Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita banyak menjumpai Mulimah-muslimah luar biasa yang berkarya, mandiri dan tidak “perasa” sehingga selalu “merasa” berada dalam posisi sub-marginal. Muslimah-muslimah hebat yang memberi manfaat, agar menjadi sebagaimana sabda Nabi SAW, “sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya”. So, saya membat kategori baru : Inspirasi Muslimah yang isinya meliputi sosok-sosok keren Muslimah yang bisa menginspirasi kita (dan saya sendiri) untuk lebih semangat berkarya, maupun tema-tema lain yang terkait dengan dunia perempuan. Rangkaian tulisan dalam kategori ini saya maksudkan untuk memberikan perspektif yang berbeda dari kehidupan Muslimah dengan segala dinamikanya yang tentu saja sangat subjektif, karena saya tulis dengan sudut pandang saya yang juga seorang Muslimah.

Perempuan adalah tiang negara, maka ianya harus kokoh, seperti sosok perempuan-perempuan yang akan saya tulis di blog ini. Happy Reading! Semoga bermanfaat ^__^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s