Baju Baru, Alhamdulillah


Lebaran=Baju Baru?

Well…

Sejujurnya sy memanfaatkan momen lebaran untuk beli baju baru, baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha karena itu hari raya, hari bersuka cita, and for me personally, eid means hari mensyukuri nikmat Allah dan menampakkannya. 

Tapi, ya nggak harus juga beli atau pake baju baru.

Lebaran tahun lalu, sy blass ga beli baju baru khusus dalam rangka lebaran. Day 1 adalah baju lebaran tahun lalu, dan day 2 adalah midi dress daily yang bahannya flowy dan longgar plus hijab bordir Aceh oleh² tetangga. Qadarullah lebaran Day 2 juga mmg di rumah Emak sendiri hihi.. jd santai deh.

Lebaran tahun ini, jujur, saya agak khilaf beli baju. Khilaf di sini artinya saya beli lebih dari 1 stel baju. On my defense, baju saya banyak yang umurnya udh lama. Defense yang lalu saya patahkan sendiri, karena toh di hari ketiga silaturrahim, sy malah pake baju yang umurnya satu dekade lebih. Baju² lainnya udh saya pake juga sblm lebaran. Hehehehe… 

Sy suka labil begitu emang orangnya.

Sy juga ngasih beberapa syarat pada baju yang saya beli:

1. Harus menyerap keringat. 

2. Timeless dan versatile. Bukan yang lebaran atau kondangan doang pantes dipakenya…

3. Preferably berkantong.

4. Warnanya saya banget.

5. Nilai plus kalau dia lokal dan bahannya ramah lingkungan.

Kenapa ngebahas baju aja kok panjang banget? Karena saya sadar, sy tuh sesungguhnya suka pake outfit bagus. Tapi saya takut sama Allah 😦 

Apalagi sy pernah rasanya sudah di penghujung usia… duh apalah artinya bebajuan kalau toh sy hanya akan pakai kain kafan pada akhirnya?

Jadi tulisan ini semacam menumpahkan my love for fashion… 

Dan sekaligus mengingatkan diri sy sendiri bahwa, fashion shows what’s beneath (dont judge people by its cover, they said… tapi boong kan? Cover is the first information we have of a person we meet, yg dengan itu kita menggunakannya sbg panduan dalam berperilaku). Nggak ada satu orang pun yang secara “fashion” sama dengan yang lain. Selera ttg rupa dibentuk dari agama, budaya, apa² yang sudah kita lalui, kita alami, kita ketahui, ya.. mgkn selera juga to some extent adalah genetis, and then we choose to wear things to represent our identity.

Sebaik² selera adalah selera yang tunduk pada ketentuan Allah…

Leave a comment